Thursday, July 29, 2010

Resep Chicken Cordon Bleu Steak


# Bahan :

♥ 1 potong fillet dada ayam, belah melebar, dimarinade dalam campuran kecap asin, lada bubuk dan saus inggris secukupnya ( saus marinade juga ada yang instan siap pakai )
♥ beberapa lembar daun bayam yang sudah direndam air panas
♥ beberapa potong keju sesuai selera (single cheese/keju lembaran atau Quick Melt : Keju ini cukup enak dgn harganya yg ekonomis. Rasanya tidak seasin keju cheddar & texturnya lebih lembut dari mozarella saat sudah meleleh tanpa memberikan efek molor saat ditarik. Dan aromanya lembut tidak kalah dgn mozarella..)
♥ Tepung bumbu / tepung terigu juga boleh
♥ 1 butir telur kocok lepas
♥ tepung panir/ tepung roti secukupnya (tepung panko)

# Saus :

♥ 1 buah bawang bombay cincang halus
♥ merica bubuk / lada hitam secukupnya
♥ pala bubuk / pala parut secukupnya
♥ 1/2 liter ( kira kira ) air kaldu *paling enak kaldu sapi, aku pake kaldu ayam*
♥ 4 sdm saus inggris
♥ 1 sdm saus tiram/ teriyaki
♥ 1 sdm saus tomat
♥ 1 sdm maizena / tapioka, larutkan dengan sedikit air
♥ garam, gula secukupnya. Tastenya harus manis. Sesuaikan takaran gulanya.

# Cara membuat :

- Steik : ambil satu lembar fillet dada ayam yang sudah dimarinade, letakkan bayam diatasnya, lalu letakkan keju agak ketepi. Gulung rapi. Gulingkan dalam tepung bumbu / terigu ( kalau takut gulungan terlepas, semat dengan tusuk gigi ). Celupkan dalam kocokan telur, dan gulingkan pada tepung panir sambil sedikit ditekan agar tepung menempel sempurna. Goreng dalam minyak panas, api kecil hingga matang kecoklatan.

- Saus : Tumis bawang bombay dengan mentega hingga harum, lalu tuangkan kaldu ayam dan tunggu hingga mendidih. Masukkan saus², dan bumbu², biarkan mendidih lalu cek rasa. Bila dirasa sudah pas, masukkan larutan tepung maizena sesendok demi sesendok sambil diaduk tiap kali menuangkannya. Tambahkan terus hingga kekentalan yang dikehendaki.

No comments: