Wednesday, March 11, 2009

Oslo Opera House

Seperti muncul dari lautan di pusat kota Oslo, gedung opera yang baru, dengan disain dari marmer merupakan batu permata arsitektur yang futuristik. Norway memiliki landmark baru. Gedung Opera baru di Bjørvika, yang selesai dibangun pada April 2008, dirancang oleh kantor arsitektur Norwegia Snøhetta, yang juga merancang perpustakaan di Alexandria dan Kedutaan Besar Norwegia di Berlin.

Dengan permukaan dari marmer dan muka bangunan yang dibangun dari kaca memperindah panel energi matahari, gedung opera ini menyerupai gunung es di laut.



Empat lapangan bola dan 1.100 ruangan

Gedung Opera ini merupakan proyek bangunan budaya terbesar di Norway dalam sejarah. Diperlukan waktu lima tahun untuk menyelesaikan bangunan megah dari marmer di pinggir fjord di Bjørvika, Oslo.


Besar ruangan yang menjadi dasar bangunan ini setara dengan ukuran internasional empat lapangan sepak bola, yang mencapai 38.000 meter persegi. Bangunan ini dibagi menjadi tiga area utama dengan 1.100 ruangan.


Minimalis yang mengagumkan

Foyer (jalan masuk) utama Opera merupakan ruangan terbuka yang luas dengan dekorasi minimalis, menggunakan bahan sederhana seperti batu, beton, kaca dan kayu. Foyer ini menampilkan berbagai kondisi pencahayaan yang berbeda dan pemandangan dari lingkungan sekitar. Ruangan ini juga menyediakan tempat duduk, café, bar, restoran dan ruangan tempat menyimpan jaket.


Auditorium Klasik

Auditorium utama berbentuk tapal kuda yang terdiri dari beberapa tingkat, dengan atap tinggi yang sengaja dirancang untuk menghasilkan suara akustik yang maksimal. Ruangan ini juga menampilkan disain sederhana karena bahan yang digunakan. Kontras dengan foyer yang dipenuhi cahaya natural, auditorium utama didekorasi menggunakan kayu oak yang diproses menggunakan ammonia.


Kecanggihan teknologi


Auditorium utama, yang merupakan salah satu ruangan di dunia dengan teknologi tercanggih, menawarkan fleksibilitas scenographic yang tinggi. Panggungnya berukuran ribuan meter persegi, dan disamping panggung utama dan panggung berputar, terdapat dua panggung tambahan, ruangan belakang panggung dan sisi ruang belakang panggung. Sebagian dari panggung tersebut terletak 16 meter di bawah permukaan laut. Auditorium ini memiliki kapasitas duduk sebanyak 1.350.

No comments: