Wednesday, March 11, 2009

Arsitek Sydney Opera House Meninggal Dunia

Minggu, 30 November 2008 | 17:15 WIB

KOPENHAGEN,MINGGU-Arsitek asal Denmark yang merancang ikon Australia, Sydney Opera House, Jorn Utzon, meninggal dunia di usia 90 tahun setelah mengalami serangan jantung, Sabtu (29/11).



"Tuan Utzon menempatkan Denmark pada peta dunia dengan bakat hebatnya," kata Menteri Kebudayaan Denmark, Carina Christensen seperti dilansir BBC.

Utzon memenangkan tender untuk merancang Sydney Opera House pada 1957 namun ia meninggalkan proyek tersebut sebelum dibuka pada 1973. Utzon tidak pernah mengunjungi bangunan lengkap Opera House setelah berselisih dengan pemerintah Australia soal biaya pembangunan proyek.

Beberapa dekade kemudian dia tetap menolak undangan mengunjungi Australia. Namun, Utzon dan puteranya setuju merancang sayap baru Opera House yang kemudian dibuka pada 2006. Pada 1998, Utzon kepada Kantor Berita Associated Press mengatakan : "Itu bagian pembelajaran, saya tidak akan bersedih hati tentang sesuatu dalam hidup ini."

Sebagian besar interior Opera House tidak sesuai dengan rencananya setelah para arsitek yang ditunjuk pemerintah Australia mengambil-alih pekerjaan itu.

Sydney Opera House berencana memadamkan lampu-lampu di atap gedung, Minggu (30/11), untuk menghormati wafatnya Utzon. Chairman Sydney Opera House Trust, Kim Williams mengatakan Utzon adalah arsitek dan seorang jenius yang kreatif. Pria yang memberi Australia dan dunia sebuah hadiah luar biasa. "Sydney Opera House adalah simbol dari identitas budaya nasional dan sumber kebanggaan bagi semua rakyat Australia. Itu menjadi simbol terkenal negara kami," kata Williams.

Utzon juga merancang gedung Dewan Nasional Kuwait dan sejumlah bangunan terkenal di Denmark. Ia memenangkan sejumlah penghargaan, termasuk Alvar Aalto Medal dan Legion of Honour Perancis. Pada 2003, dia memperoleh penghargaan prestisius Pritzker Architecture Prize untuk rancangannya, Sydney Opera House.


Sumber: BBC

No comments: