Monday, March 16, 2009

Study di Belanda, ticket to a global community










Dari dahulu hingga kini, Belanda diakui sebagai pusat pengetahuan yang memiliki banyak universitas ternama. Tingginya kualitas pendidikan Belanda sudah memenuhi standar internasional dan pastinya telah diakui dunia. Riset ilmiah internasional yang dilakukan di Belanda pun berada pada tingkat teratas. Selama studi di Belanda, siswa akan dilatih menganalisa dan memecahkan masalah praktis melalui penekanan pada belajar mandiri dan disiplin diri.


Gambar diambil dari http://buhalis.blogspot.com



Belanda sendiri berasal dari kata Koninkrijk der Nederlanden yang secara harfiah berarti “Kerajaan Tanah-Tanah Rendah”. Sedangkan kata Belanda dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Portugis yaitu Holanda – Olanda – Wolanda – Bolanda maka jadilah ‘Belanda’. Dari namanya saja kita sudah dapat mengerti bahwa Belanda memiliki tanah padat yang kebanyakan berada di bawah permukaan laut. Belanda juga terkenal dengan dijk (tanggul) dan kincir anginnya. Belanda memang ahli dalam mengelola tanah dan pengairan, dapat diketahui bahwa Belanda mampu membuat kota metropolitan yang indah di bawah permukaan laut, sehingga banyak pula negara yang datang untuk belajar mengenai sistem pengairan, termasuk Indonesia.


Faktor geografis Belanda yang berada pada sentral Eropa menjadikannya “the gateway of Europe”. Akses ke negara-negara Eropa lainnya pun mudah dijangkau, seperti Paris, Berlin, Brussel, dan London misalnya, semua hanya memakan waktu sekitar satu jam penerbangan dari Amsterdam. Posisi Belanda memang dikelilingi oleh Perancis, Jerman, dan Inggris, oleh karena itu dapat dikatakan Belanda memiliki letak geografis yang sangat strategis. Belanda juga merupakan tempat bertemunya berbagai kebudayaan seperti dari Jerman, Inggris, dan Perancis.



Gambar diambil dari http://rainbowrampage.com


Studi di Belanda kini dapat dengan mudah dicapai oleh siapapun karena sistem pembelajaran di sana menggunakan bahasa Inggris, sebagian besar penduduknya pun menggunakan bahasa Inggris. Belanda memiliki sistem pendidikan yang interaktif dan menyenangkan. Interaktif, dapat bertemu dengan siswa dari negara-negara lain yang dapat dijadikan ilmu tambahan bagi pengetahuan umum kita. Menyenangkan, di era globalisasi ini kita harus selalu mengikuti perkembangan jaman dan dengan studi di Belanda akan sangat membantu kita dalam memahami apa-apa yang terjadi di dunia internasional. Jadi, dengan studi di Belanda maka kita akan mampu menghadapi dunia yang semakin global ini.



Gambar diambil dari http://esnehsal.be


Jadi, bagaimana pendapat Anda? Berminat untuk studi di Belanda? Sistem pendidikan dan reputasinya terbukti handal serta telah diakui oleh dunia internasional. Oleh karena itu, janganlah ragu untuk melanjutkan belajar di Negeri Kincir Angin ini.


Selamat berjuang dan sukses selalu!



sumber: http://eurogates.nl


1 comment:

Anonymous said...

weh...weh pengen ke Belanda yah. Saya juga pengen nih. Ikutan kompetiblog juga ahhh