Wednesday, February 18, 2009

Prefektur FUKUOKA, Jepang


Prefektur yang terletak di pulau Kyushu ini menghadap ke laut pada ketiga sisinya. Prefektur ini mencakup pula beberapa pulau-pulau kecil di sekitarnya. Iklimnya sedang dan tidak keras dengan volume hujan yang memadai. Salju jarang terlihat di kawasan-kawasan perkotaan di musim dingin, sehingga ideal sebagai obyek wisata, hiking dan olahraga air. Kota-kota besar di prefektur ini merupakan pusat-pusat perindustrian utama Jepang, meliputi industri otomotif, semi-konduktor, baja, tekstil, dll. Sedangkan hasil pertambangannya adalah batubara dan batu kapur. Perusahaan-perusahaan besar Jepang yang beroperasi secara global, banyak yang berbasis di Fukuoka, seperti Sony, Toshiba, Hitachi, NEC, Fujitsu, Matsushita Electric, Mitsubishi Electric, Nissan Motor, Toyota Motor, dll. Di prefektur ini berlangsung kerjasama yang sangat baik antara dunia industri kalangan akademis dan pemerintah daerah dalam kegiatan riset.


Akhir-akhir ini kota Fukuoka muncul sebagai titik strategis pertukaran internasional Jepang dengan wilayah Asia lainnya. Kota ini dapat dicapai dengan 6 jam perjalanan dari Tokyo dengan kereta api super-ekspres Shinkansen. Kalau ditanya produk apa yang paling terkenal dari Fukuoka, maka jawabannya pastilah “kain Hakata” dan “boneka Hakata.”

Taman Genkai, Kuil Dazaifu Tenmangu adalah beberapa di antara tempat wisata dan budaya yang indah dan kerap dikunjungi wisatawan. Prefektur Fukuoka kaya akan museum, dan salah satu yang terkenal adalah Museum Seni Budaya Asia di kota Fukuoka dan Museum Nasional Kyushu.



Sumber: Aneka Jepang, edisi 323 2008, Perpustakaan Kedutaan Besar Jepang di Jakarta


No comments: