Friday, October 30, 2009

Gerakan Cuci Tangan Dengan Sabun

Rupanya laki-laki tidak serajin perempuan dalam kebersihan. Buktinya, riset tentang kebiasaan higienis yang dilakukan London School of Hygiene and Tropical Medicine baru-baru ini membuktikan, dari 250.000 orang yang menggunakan toilet, 64% perempuannya dan hanya 32% laki-lakinya yang mencuci tangan dengan sabun. Riset dilakukan dengan memasang kalimat pengingat di kamar mandi. Kaum perempuan mudah merespons kalimat yang halus seperti “Air tidak Membunuh Kuman, tapi Sabun Bisa”.

Sebaliknya, laki-laki hanya mencuci tangan dengan sabun setelah melihat kalimat eksplisit seperti “Gunakan Sabun Sekarang”. Seperti dikutip CNN.com, perempuan lebih mampu membiasakan diri mengikuti kalimat-kalimat yang dipasang. Untuk laki-laki dan perempuan, kalimat pengingat paling efektif adalah “Apakah Orang di Samping Anda Mencuci Tangan dengan Sabun?”

Periset berkesimpulan, jika orang merasa diperhatikan orang yang berada di wastafel sebelahnya, dia akan mencuci tangan dengan sabun. Kebiasaan mencuci tangan dengan sabun dapat mencegah beberapa penyakit, termasuk pneumonia, cacingan, sampai flu babi.


Sumber: Media Indonesia | Minggu, 25 Oktober 2009

No comments: